Rabu, 15 Mei 2013

Tugas Perekonomian Indonesia Winda (Pengalaman)


 1. Selama 1,5tahun (3semester) saya berkuliah di WM. Saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang bermanfaat bagi saya. Banyak pelajaran yang di ajarkan bapak dan ibu dosen selama 3semester ini, dan diantaranya yang paling berkesan untuk saya adalah mata kuliah Ekonomi Industri yang saya jalani semester lalu. Hal-hal yang saya pelajari yaitu bahwa industri kecil yang ada di indonesia ternyata adalah penopang penting bagi perekonomian negara kita ini. Saya juga mempelajari bahwa indonesia ini memiliki berbagai macam industri yang menarik dan unik diantaranya industri sirup belimbing wuluh,industri jamur,industri bandeng, industri batu alam,dan masih banyak industri yang lain yang harus kita dukung dan kita kembangkan demi kemajuan dan kesejahteraan negeri ini. Dalam mata kuliah ini kami juga diajari bagaimana cara bekerja sama dengan kelompok lain, dimana terkadang terjadi perselisihan pendapat atau ketidakcocokan antar kelompok yang menyebabkan terhambatnya pekerjaan dan bagaimana cara mengatasi perselisihan ini. Saya juga belajar bagaimana membuat inovasi baru yang merupakan gabungan antara dua produk yang berbeda, disatukan menjadi produk yang unik. Contoh antara industri bandeng dan industri lontong kami mengabungkan kedua produk ini menjadi lontong isi bandeng. Banyak suka dan duka yang saya jalani dan mata kuliah ini dari pergi bolak-balik ke tempat industri saya yang letaknya lumayan jauh (Sidoarjo), menyelesaikan banyak tugas yang diberikan, membuat dan mengerjakan EXPO bersama kelompok, tetapi saya merasa mendapatkan kepuasan tersendiri ketika semua usaha yang saya lakukan terbayar.
2. Latar belakang : Perusahaan mebel kayu>Terdapat limbah (potongan kayu dari sisa pembuatan mebel dan serbuk gergaji kayu) yang selau di buang. Saya seorang pelajar profesional karena itu saya memikirkan bagaimana cara memanfaatkan limbah ini? Dari pada limbah ini dibuang begitu saja lebih baik saya memanfaatkannya dan mengubahnya menjadi produk yang baru dan meiliki nilai.
Saya bekerja di perusahaan mebel dengan jabatan manager produksi dan pengembangan produk dimana saya ingin memajukan perusahaan dimana saya bekerja. Dan say menemukan bahwa limbah dari hasil sisa produk saya memiliki sejuta manfaat. Diantaranya kita bisa merubah hasil sisa potongan kayu mebel kita menjadi produk seperti patung dan miniatur dari kayu dengan berbagai bentuk (becak, perahu,mobil,pesawat,dll), asbak,lampu hias,pigura,gantungan kunci, hiasan dinding. Sementara serbuk sisa gergaji kayu bisa dimanfaatkan menjadi media tanam budi daya tanaman jamur, serbuk kayu untuk binatang dll. Dari uraian diatas saya memutuskan untuk mengajukan ide saya pada atasan dan ketika ide saya di dukung dan disetujui saya akan melakukan :
- Mengumpulkan bahan baku dari pabrik-pabrik perusahaan saya, mengumpulkan para pekerja yang terampil dan kreatif, mengajarkan dan menerangkan konsep dari ide saya baru saya akan mengolah bahan baku tadi menjadi produk baru.
- Setelah produk jadi saya akn berusaha memasarkannya pada komsumen perusahaan, setelah pejualan berangsur meningkat dan pesanan bertambah (mencapai bahkan melebihi target yanb diinginkan), saya akan mulai meningkatkn rantai pasokan saya dengan cara menambah jumlah bahan baku dimana jika limbah perusahaan tidak mencukupi untuk memenuhi pesanan maka saya akan mulai mengumpulkan limbah-limbah kayu dari pabrik kayu yang lainnya, menambah jumlah pekerja yang terampil dan mengadakan pelatihan untuk pekerja yang kurang terampil agar seimbang, membangun jaringan kerja sama dengan perusahaan lain (membuka pangsa pasar baru) dengan menawarka produk baru saya pada toko-toko dan perusahaan lainnya, meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produk saya dengan motto "Harga terjangkau, kualitas terjamin".
- Setelah rantai pasokan saya terjamin dan penjualan saya semaikin berkembang saya akan mulai melakukan spesialisasi produk. Saya akan terus memperbaharui penampilan produk saya dan memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan unik. Mungkin saya akan menambahkan pahatan/ukiran pada produk saya atau saya akan membuat produk saya menjadi lebih berwarna dengan menambahkan warna pada produk saya, saya juga akan menambahkan bentuk-bentuk lain pada produk saya yang tadinya mungkin betuk asbaknya kotak kita dapat memvariasinya menjadi segi lima atau segi tiga. Saya akan terus melakukan spesialisasi produk agar perusahaan saya tidak kalah dengan pesaingnya dan agar konsumen lebih tertarik dengan produk kita.
- Setelah melakukan spesialisasi produk dan memasarkannya pada konsumen domestik, saya akan mencoba mulai memasarkan produk saya pada pasar internasional. Pertama saya akan menawarkannya melalui media internet, agar konsumen luar lebih mengenal akan produk perusahaan saya, lalu saya akan mengunjungi negara-negara tetangga kita dan menawarkan produk kita dan menjalin kerja sama. Misalnya negara Singapura atau Malaysia, agar mereka lebih tertarik saya akan mencoba melakukan variasi yang cocok dengan negara mereka. Setelah produk saya diterima dan berhasil terjual disana, saya akan coba memasarkannya pada pasar Asia lalu Eropa. Target saya adalah bahwa seluruh dunia mengetahui,mengenal,tertarik dan membeli produk perusahaan kita.
3. Dengan masuk dan terjualnya produk perusahaan saya keluar negeri, saya dapat menambah devisa negara kita ini, selain itu negara-negara lain juga dapt mengetahui bahwa Indonesi juga dapat memproduksi kerajinan tangan yang menarik dan unik dari limbah kayu, dimana produk seperti ini jarang ditemukan dinegara-nagara lainnya. Kita juga dapat mengurangi jumlah limbah kayu yang ada di indonesia diman dulunya limbah ini dianggap sampah dan tidak berharga kita dapat mengubahnya menjadi barang baru yang berbilai dan berharga. Dengan semakin berkembang dan terkenalnya produk saya ini maka kita juga memerlukan tenaga kerja yang tidak sedikit dan hal ini juga membantu mengurangi jumlah penganguran di indonesia yang semakin tahun semakin bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar